IT Governance

 


IT Governance 

IT Governance ( Tata Kelola Teknologi Informasi) adalah konsep luas yang berpusat pada departemen TI atau lingkungan yang memberikan nilai bisnis kepada perusahaan. Ini adalah seperangkat aturan, peraturan, dan kebijakan yang menentukan dan memastikan operasi departemen TI yang efektif, terkendali, dan berharga. Ini juga menyediakan metode untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi kinerja TI dan bagaimana kaitannya dengan pertumbuhan bisnis. Selain itu, dengan mengikuti dan menerapkan kerangka tata kelola TI seperti COBIT, organisasi dapat mematuhi persyaratan peraturan dan mengurangi bisnis TI sambil mencapai manfaat bisnis yang terukur.


Tujuan IT Governance

Tata kelola TI merupakan tanggungjawab pihak manajemen didalam suatu organisasi,sehingga bagaimana TI bisa menjadi lebih efisien dan efektif dalam mendukung proses bisnisyang dijalankan tersebut dengan tujuan, sebagai berikut:

1.  Menyelaraskan teknologi informasi dengan strategi perusahaan serta realisasi darikeuntungan keuntungan yang telah dijanjikan dari penerapan TI.

2.    Penggunaan teknologi informasi memungkinkan perusahaan mengambil peluang-peluang yang ada, serta memaksimalkan pemanfaatan TI dalam memaksimalkankeuntungan dari penerapan TI tersebut.

3.      Bertanggungjawab terhadap penggunaan sumber daya TI.

4.      Manajemen resiko-resiko yang ada terkait teknologi informasi secara tepat.


Kerangka kerja IT Management & IT Governance :

1.      CMM - Model Kematangan Kemampuan: fokus pada rekayasa perangkat lunak

2.      ITIL - Fokus pada manajemen Layanan TI

3.      ISO/IEC 20000 - Fokus pada manajemen Layanan TI

4.      ISO/IEC 27001 - Fokus pada Manajemen Keamanan Informasi

5.      ISO/IEC 27005 - Fokus pada Manajemen Risiko Keamanan Informasi

6.      ISO/IEC 29148 dan IREB - Fokus pada Rekayasa Persyaratan

7.      ISO/IEC 29119 dan ISTQB - Fokus pada Pengujian Perangkat Lunak

8.      COBIT - kerangka kerja kendali dan tata kelola TI.


Fokus IT Governance

 IT Governance dapat dipecah ke dalam lima bagian yaitu:

1. Value delivery

Value delivery berfokus untuk memastikan bahwa TI telah memberikan manfaat yang dijanjikan terhadap strategi serta berkonsentrasi pada pengoptimalan biaya.

2. Strategic alignment

Berbeda dengan value delivery, strategic alignment cenderung berfokus untuk memastikan bahwa hubungan bisnis dan IT saling berkaitan satu sama lain fokus ini bergerak untuk menyeleraskan antara operasi TI dengan operasi perusahaan.

3. Performance management

Fokus area IT governance ini bertujuan untuk menjalankan dan memonitor implementasi strategi. Performance management lebih berfokus kepada mengamati kinerja proses, penyelesaian proyek, dan penggunaan sumber daya.

4. Resource management

Dalam fokus ini, perusahaan lebih mengarah kepada pengelolaan sumber daya TI yang kritis dengan melakukan investasi optimal.

5. Risk management

memahami transparansi yang signifikan dari risiko yang ada serta menanamkan tanggung jawab manajemen risiko ke dalam masing-masing tim.



 

Referensi : 

https://www.techopedia.com/definition/19641/information-technology-governance-it-governance

https://en.wikipedia.org/wiki/Corporate_governance_of_information_technology

https://glints.com/id/lowongan/it-governance/#.YpB6j6hBzIU

https://www.academia.edu/44645680/Makalah_Area_Fokus_IT_Governance


Referensi Gambar : 

http://aristininja.com/wp-content/uploads/2017/08/governance.jpg

https://itgid.org/wp-content/uploads/2019/10/2-2-768x768.jpg


Komentar

Postingan Populer