Information Technology Infrastructure Library (ITIL)

Apa itu ITIL?

ITIL merupakan singkatan dari Information Technology Infrastructure Library yang dimana ITIL salah satu bagian dari service management IT. ITIL sendiri ialah suatu kerangka kerja umum yang menggambarkan Best Practice layanan manajemen TI. ITIL di sebut sebagai Best Practice karena pada dasarnya Best Practice membantu penyedia layanan untuk menciptakan sistem manajemen pelayanan yang efektif. Dan Best practice bisa berasal dari berbagai sumber, termasuk kerangka umum (seperti ITIL, COBIT dan CMMI), standar (seperti ISO /IEC 20000 dan ISO 9000), serta pengetahuan organisasi itu sendiri.



Sejarah ITIL

ITIL diterbitkan antara tahun 1989 dan 1995 oleh Her Majesty's Stationery Office (HMSO) di Inggris atas nama Kantor Pemerintah Perdagangan (Office of Government Commerce). Versi awal ITIL terdiri dari perpustakaan 31 buku yang terkait meliputi semua aspek penyediaan layanan TI. Versi awal kemudian direvisi dan digantikan oleh tujuh, lebih erat berhubungan dan konsisten buku (ITIL V2) dikonsolidasi dalam kerangka keseluruhan. Pada awal versi ITIL hanya di terbitkan di inggris dan belanda.

Setelah direvisi ITIL membuat versi kedua yang  diterbitkan sebagai satu set revisi buku antara tahun 2000 dan 2004. Versi kedua ini diterima secara universal dan sekarang digunakan di banyak negara oleh ribuan organisasi sebagai dasar untuk penyediaan layanan TI yang efektif. Pada tahun 2007, ITIL V2 digantikan dengan ditingkatkan dan konsolidasi ITIL oleh versi ketiga, terdiri dari lima buku inti yang mencakup siklus hidup layanan, bersama‐sama dengan Official Introduction. konten inti buku ini akan ditingkatkan dengan publikasi pelengkap tambahan dan dengan satu set pendukung layanan web.





Tujuan ITIL

ITIL menyediakan kerangka kerja bagi tatakelola TI, serta wrapping layanan.  ITIL memfokuskan diri pada pengukuran terus menerus dan perbaikan kualitas layanan TI yang disampaikan, baik dari perspektif bisnis dan pelanggan.  Sehingga mampu memberikan kontribusi untuk penggunaan produktif dan memberikan manfaat yang diperoleh organisasi dengan pengembangan teknik dan proses sepanjang organisasi ada.


Manfaat ITIL

·      Peningkatan kepuasan pengguna dan pelanggan dengan layanan IT serta Pengambilan keputusan yang lebih baik dengan meminimasi resiko yang terjadi.

·    Ketersediaan layanan yang meningkat, langsung berdampak pada keuntungan usaha sehinnga mampu menghemat keuangan serta pengelolaan sumber daya manajemen yang lebih baik.



Referensi 

Musda. (2011). An Introductory Overview of ITIL V3. A High Level Overview of the IT Infrastructure Library. Ebook.


Referensi Gambar

Gambar 1

https://tse1.mm.bing.net/thid=OIP.E8CN_ChqI0e2YZ9cWSncwHaCs&pid=Api&P=0&w=453&h=164

Gambar 2

https://overneteducation.it/Documents/DownloadImmagine/ITILschema.jpg

Gambar 3

https://ernestorrojas.com/wp-content/uploads/2020/06/itilv2-to-itilv3-1.png

 


Komentar

Postingan Populer