New Media serta dampak positif dan negatifnya
A.
Pengertian New Media
New
Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media
yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan media yang terbentuk dari interaksi
antara manusia dengan komputer dan internet. Seperti contoh, web, blog, online
social network, koran digital, dan lain-lain. Istilah new media baru muncul
pada akhir abad 20-an yang dipakai untuk menyebut sebuah media baru yang
menggabungkan media-media konvensional dengan internet. Dan tak dapat
dipungkiri lagi bahwa new media membawa dampak bagi kehidupan sosial
masyarakat, baik itu positif maupun dampak negatif.
B.
Karakteristik New Media
1.
Digitalisasi
Digitalisasi (juga dikenal sebagai digitalisme) adalah
ciri dari new media, di mana hampir semua media komunikasi dan informasi sudah
mengutamakan bentuk digital. Digitalisasi digunakan untuk mengartikan kondisi
kehidupan dalam budaya digital yang dianalogikan dengan modernitas dan
post-modernitas.
2.
Konvergensi
Konvergensi adalah
penggabungan komunikasi massa cetak, televisi, radio, internet, bersama dengan
teknologi portabel dan interaktif melalui berbagai platform media digital.
Konvergensi media bertujuan memberikan pengalaman yang dinamis.
3.
Interaktivitas
Interaktivitas adalah
proses komunikasi yang terjadi antara manusia dengan platform-platform media.
Dengan karakteristik ini, new media bisa menghubungkan pesan-pesan yang
terhubung satu sama lain.
4.
virtuality
adanya kehadiran dalam
platform online yang memudahkan Anda untuk berhadapan langsung pada objek yang
Anda hubungi secara virtual
5.
Hypertextuality
Hypertextuality merupakan inti dari dokumen Internet, dibuat oleh
bahasa markup hypertext sederhana (HTML). Ciri dari new media adalah
beritanya pasti menggunakan hyperlink internal dan eksternal. Sejauh
mana (bagian dari) pesan terhubung satu sama lain.
C.
Fungsi dan Manfaat New Media
1.
Mengirim dan
berbagi informasi adalah fungsi utama media. Informasi yang diberikan oleh
media massa dapat bersifat beropini, objektif, subjektif, primer,
dan sekunder. Media menyebarkan informasi sebagian besar melalui siaran
berita di radio, TV, serta kolom surat kabar atau majalah.
2.
Media memberikan
pendidikan dan informasi yang berbeda untuk setiap orang di semua tingkatan.
Mereka mencoba mendidik orang secara langsung atau tidak langsung. Misalnya,
program pendidikan jarak jauh adalah pendekatan langsung. Drama, dokumenter,
wawancara, cerita utama, dan banyak program lainnya disiapkan untuk mendidik
masyarakat secara tidak langsung.
3.
Fungsi penting
lainnya dari media adalah sebagai hiburan yang juga dipandang sebagai fungsi
media yang paling jelas dan sering digunakan. Media memenuhi fungsi ini
dengan memberikan hiburan kepada orang-orang dengan koran dan
majalah, radio, televisi. Sedangkan media online menawarkan
cerita, film, serial, dan komik untuk menghibur audiensnya.
4.
Fungsi media massa
adalah untuk mengamati masyarakat secara dekat secara terus-menerus, serta
memberikan peringatan tentang tindakan yang mengancam khalayak massa yang
kemungkinan besar akan terjadi di masa yang akan datang guna mengurangi
kemungkinan kerugian, termasuk menginformasikan tentang ancaman dari angin
topan, gunung meletus, kondisi ekonomi yang lesu, peningkatan inflasi, atau
serangan
5.
fungsi dari media
massa yaitu persuasi, karena persuasi melibatkan memberi pengaruh pada pikiran
orang lain. Menggunakan tajuk
rencana, artikel, komentar, dan lain-lain, media massa
dapat meyakinkan audiens, meski tidak semua audiens tahu tentang itu.
Banyak dari mereka menjadi terpengaruh atau termotivasi tanpa disadari begitu
melihat iklan sebagai contoh yang dirancang untuk membujuk para penonton.
6.
Sosialisasi adalah
transmisi budaya dan media adalah reflektor masyarakat yang menyosialisasikan
orang, terutama anak-anak dan pendatang baru. Sosialisasi adalah
proses di mana orang dibuat untuk berperilaku dengan cara yang dapat diterima
dalam budaya atau masyarakat mereka. Melalui proses ini, masyarakat
belajar bagaimana menjadi anggota masyarakat atau masyarakat manusia dalam arti
yang lebih besar.
D. Dampak Positif
dan Negatif New Media
1. dampak positif new media
a.
Memberikan informasi dengan cepat lebih efisien
Media baru sangat mumpuni dalam menyebarkan
informasi secara cepat, karena teknologinya yang tak terhambat oleh jarak
maupun biaya.
b.
Dapat mudah diakses dimanapun
Dengan adanya media baru pengguna
tidak lagi disusahkan dalam pengaksesan informasi, hanya tinggal memaikan
perangkatnya, dan hubungkan ke internet, pengguna akan mendapatkan informasi
kapanpun dimanapun berada.
c.
membangun bisnis baru
pelaku usaha tidak lagi
pusing terkait iklan produknya. Hanya bermodal promosi melalui sebuah website
agar produk dapat dikenal masyarakat.
2.
Dampak negatif new media
a.
Menjadi lebih pasif
Sekarang semua yang
dikerjakan dan dibutuhkan sudah dapat diakses hanya via laptop bahkan dengan
smartphone. mencari informasi yang dapat ditemukan di internet. dalam hal ini
orang-orang menjadi antisosial.
b.
Berita hoax
Dengan adanya kebebasan
dalam menulis apapun di media sosial kadang sering ada orang yang menyebarkan
berita yang kurang akurat dengan berbagai mcam tujuan dari yang hanya ingin
cari sensasi hingga memang bermaksud menyerang pihak lain
c.
Penipuan
Promo belanja potongan
harga atau mungkin kupon undian saat ini bisa didapatkan melalui internet .
Para penjahat ini memanfaatkan kesempatan untuk melakukan penipuan
Referensi
PPT
kelompok 6 2KA05 new media
https://ilmuteknologyindustri.blogspot.com/2017/04/makalah-new-media.html
https://www.academia.edu/35472703/MAKALAH_NEW_MEDIA

Komentar
Posting Komentar