New Media serta dampak positif dan negatifnya

 

A.    Pengertian New Media

New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet. Seperti contoh, web, blog, online social network, koran digital, dan lain-lain. Istilah new media baru muncul pada akhir abad 20-an yang dipakai untuk menyebut sebuah media baru yang menggabungkan media-media konvensional dengan internet. Dan tak dapat dipungkiri lagi bahwa new media membawa dampak bagi kehidupan sosial masyarakat, baik itu positif maupun dampak negatif.

B.     Karakteristik New Media

1.    Digitalisasi

Digitalisasi (juga dikenal sebagai digitalisme) adalah ciri dari new media, di mana hampir semua media komunikasi dan informasi sudah mengutamakan bentuk digital. Digitalisasi digunakan untuk mengartikan kondisi kehidupan dalam budaya digital yang dianalogikan dengan modernitas dan post-modernitas.

2.    Konvergensi

Konvergensi adalah penggabungan komunikasi massa cetak, televisi, radio, internet, bersama dengan teknologi portabel dan interaktif melalui berbagai platform media digital. Konvergensi media bertujuan memberikan pengalaman yang dinamis.

3.    Interaktivitas

Interaktivitas adalah proses komunikasi yang terjadi antara manusia dengan platform-platform media. Dengan karakteristik ini, new media bisa menghubungkan pesan-pesan yang terhubung satu sama lain.

4.    virtuality

adanya kehadiran dalam platform online yang memudahkan Anda untuk berhadapan langsung pada objek yang Anda hubungi secara virtual

5.    Hypertextuality

Hypertextuality merupakan inti dari dokumen Internet, dibuat oleh bahasa markup hypertext sederhana (HTML). Ciri dari new media adalah beritanya pasti menggunakan hyperlink internal dan eksternal. Sejauh mana (bagian dari) pesan terhubung satu sama lain.

 

C.    Fungsi dan Manfaat New Media

1.    Mengirim dan berbagi informasi adalah fungsi utama media. Informasi yang diberikan oleh media massa dapat bersifat beropini, objektif, subjektif, primer, dan sekunder. Media menyebarkan informasi sebagian besar melalui siaran berita di radio, TV, serta kolom surat kabar atau majalah.

2.    Media memberikan pendidikan dan informasi yang berbeda untuk setiap orang di semua tingkatan. Mereka mencoba mendidik orang secara langsung atau tidak langsung. Misalnya, program pendidikan jarak jauh adalah pendekatan langsung. Drama, dokumenter, wawancara, cerita utama, dan banyak program lainnya disiapkan untuk mendidik masyarakat secara tidak langsung.

3.    Fungsi penting lainnya dari media adalah sebagai hiburan yang juga dipandang sebagai fungsi media yang paling jelas dan sering digunakan. Media memenuhi fungsi ini dengan memberikan hiburan kepada orang-orang dengan koran dan majalah, radio, televisi. Sedangkan media online menawarkan cerita, film, serial, dan komik untuk menghibur audiensnya.

4.    Fungsi media massa adalah untuk mengamati masyarakat secara dekat secara terus-menerus, serta memberikan peringatan tentang tindakan yang mengancam khalayak massa yang kemungkinan besar akan terjadi di masa yang akan datang guna mengurangi kemungkinan kerugian, termasuk menginformasikan tentang ancaman dari angin topan, gunung meletus, kondisi ekonomi yang lesu, peningkatan inflasi, atau serangan

5.    fungsi dari media massa yaitu persuasi, karena persuasi melibatkan memberi pengaruh pada pikiran orang lain. Menggunakan tajuk rencana, artikel, komentar, dan lain-lain, media massa dapat meyakinkan audiens, meski tidak semua audiens tahu tentang itu.
Banyak dari mereka menjadi terpengaruh atau termotivasi tanpa disadari begitu melihat iklan sebagai contoh yang dirancang untuk membujuk para penonton.

6.    Sosialisasi adalah transmisi budaya dan media adalah reflektor masyarakat yang menyosialisasikan orang, terutama anak-anak dan pendatang baru. Sosialisasi adalah proses di mana orang dibuat untuk berperilaku dengan cara yang dapat diterima dalam budaya atau masyarakat mereka. Melalui proses ini, masyarakat belajar bagaimana menjadi anggota masyarakat atau masyarakat manusia dalam arti yang lebih besar.

 

D. Dampak Positif dan Negatif New Media

1.  dampak positif new media

a.        Memberikan informasi dengan cepat lebih efisien

   Media baru sangat mumpuni dalam menyebarkan informasi secara cepat, karena teknologinya yang tak terhambat oleh jarak maupun biaya.

b.        Dapat mudah diakses dimanapun

         Dengan adanya media baru pengguna tidak lagi disusahkan dalam pengaksesan informasi, hanya tinggal memaikan perangkatnya, dan hubungkan ke internet, pengguna akan mendapatkan informasi kapanpun dimanapun berada.

c.         membangun bisnis baru

pelaku usaha tidak lagi pusing terkait iklan produknya. Hanya bermodal promosi melalui sebuah website agar produk dapat dikenal masyarakat.

2.  Dampak negatif new media

a.      Menjadi lebih pasif

Sekarang semua yang dikerjakan dan dibutuhkan sudah dapat diakses hanya via laptop bahkan dengan smartphone. mencari informasi yang dapat ditemukan di internet. dalam hal ini orang-orang menjadi antisosial.

b.      Berita hoax

Dengan adanya kebebasan dalam menulis apapun di media sosial kadang sering ada orang yang menyebarkan berita yang kurang akurat dengan berbagai mcam tujuan dari yang hanya ingin cari sensasi hingga memang bermaksud menyerang pihak lain

c.       Penipuan

Promo belanja potongan harga atau mungkin kupon undian saat ini bisa didapatkan melalui internet . Para penjahat ini memanfaatkan kesempatan untuk melakukan penipuan

 



Referensi

PPT kelompok 6 2KA05 new media

https://ilmuteknologyindustri.blogspot.com/2017/04/makalah-new-media.html

https://www.academia.edu/35472703/MAKALAH_NEW_MEDIA


Komentar

Postingan Populer